Home > Journally > Kronologi Tragedi Tanjung Priok Berdarah 1984 oleh Saksi Mata Ust. Abdul Qadir Djaelani

Kronologi Tragedi Tanjung Priok Berdarah 1984 oleh Saksi Mata Ust. Abdul Qadir Djaelani

Abdul Qadir Djaelani adalah salah seorang ulama yang dituduh oleh aparat keamanan sebagai salah seorang dalang peristiwa Tanjung Priok. Karenanya, ia ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Sebagai seorang ulama dan tokoh masyarakat Tanjung Priok, sedikit banyak ia mengetahui kronologi peristiwa Tanjung Priok. Berikut adalah petikan kesaksian Abdul Qadir Djaelani terhadap peristiwa Tanjung Priok 12 September 1984, yang tertulis dalam eksepsi pembelaannya berjudul “Musuh-musuh Islam Melakukan Ofensif terhadap Umat Islam Indonesia”.

Tanjung Priok, Sabtu, 8 September 1984

Dua orang petugas Koramil (Babinsa) tanpa membuka sepatu, memasuki Mushala as-Sa’adah di gang IV Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka menyiram pengumuman yang tertempel di tembok mushala dengan air got (comberan). Pengumuman tadi hanya berupa undangan pengajian remaja Islam (masjid) di Jalan Sindang. Tanjung Priok, Ahad, 9 September 1984 Peristiwa hari Sabtu (8 September 1984) di Mushala as-Sa’adah menjadi pembicaran masyarakat tanpa ada usaha dari pihak yang berwajib untuk menawarkan penyelesaan kepada jamaah kaum muslimin. Tanjung Priok, Senin, 10 September 1984 Beberapa anggota jamaah Mushala as-Sa’adah berpapasan dengan salah seorang petugas Koramil yang mengotori mushala mereka. Terjadilah pertengkaran mulut yang akhirnya dilerai oleh dua orang dari jamaah Masjid Baitul Makmur yang kebetulan lewat. Usul mereka supaya semua pihak minta penengahan ketua RW, diterima. Sementara usaha penegahan sedang.berlangsung, orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak ada urusannya dengan permasalahan itu, membakar sepeda motor petugas Koramil itu. Kodim, yang diminta bantuan oleh Koramil, mengirim sejumlah tentara dan segera melakukan penangkapan. Ikut tertangkap 4 orang jamaah, di antaranya termasuk Ketua Mushala as-Sa’adah.

Tanjung Priok, Selasa, 11 September 1984

Amir Biki menghubungi pihak-pihak yang berwajib untuk meminta pembebasan empat orang jamaah yang ditahan oleh Kodim, yang diyakininya tidak bersalah. Peran Amir Biki ini tidak perlu mengherankan, karena sebagai salah seorang pimpinan Posko 66, dialah orang yang dipercaya semua pihak yang bersangkutan untuk menjadi penengah jika ada masalah antara penguasa (militer) dan masyarakat. Usaha Amir Biki untuk meminta keadilan ternyata sia-sia.

Tanjung Priok, Rabu, 12 September 1984

Dalam suasana tantangan yang demikian, acara pengajian remaja Islam di Jalan Sindang Raya, yang sudah direncanakan jauh sebelum ada peristiwa Mushala as-Sa’adah, terus berlangsung juga. Penceramahnya tidak termasuk Amir Biki, yang memang bukan mubalig dan memang tidak pernah mau naik mimbar. Akan tetapi, dengan latar belakang rangkaian kejadian di hari-hari sebelumnya, jemaah pengajian mendesaknya untuk naik mimbar dan memberi petunjuk. Pada kesempatan pidato itu, Amir Biki berkata antara lain, “Mari kita buktikan solidaritas islamiyah.

Kita meminta teman kita yang ditahan di Kodim. Mereka tidak bersalah. Kita protes pekerjaan oknum-oknum ABRI yang tidak bertanggung jawab itu. Kita berhak membela kebenaran meskipun kita menanggung risiko. Kalau mereka tidak dibebaskan maka kita harus memprotesnya.” Selanjutnya, Amir Biki berkata, “Kita tidak boleh merusak apa pun! Kalau adayang merusak di tengah-tengah perjalanan, berarti itu bukan golongan kita (yang dimaksud bukan dan jamaah kita).” Pada waktu berangkat jamaah pengajian dibagi dua: sebagian menuju Polres dan sebagian menuju Kodim.

Setelah sampai di depan Polres, kira-kia 200 meter jaraknya, di situ sudah dihadang oleh pasukan ABRI berpakaian perang dalam posisi pagar betis dengan senjata otomatis di tangan. Sesampainya jamaah pengajian ke tempat itu, terdengar militer itu berteriak, “Mundur-mundur!” Teriakan “mundur-mundur” itu disambut oleh jamaah dengan pekik, “Allahu Akbar! Allahu Akbar!” Saat itu militer mundur dua langkah, lalu memuntahkan senjata-senjata otomatis dengan sasaran para jamaah pengajian yang berada di hadapan mereka, selama kurang lebih tiga puluh menit. Jamaah pengajian lalu bergelimpangan sambil menjerit histeris; beratus-ratus umat Islam jatuh menjadi syuhada. Malahan ada anggota militer yang berteriak, “Bangsat! Pelurunya habis. Anjing-anjing ini masih banyak!” Lebih sadis lagi, mereka yang belum mati ditendang-tendang dan kalau masih bergerak maka ditembak lagi sampai mati.

Tidak lama kemudian datanglah dua buah mobil truk besar beroda sepuluh buah dalam kecepatan tinggi yang penuh dengan pasukan. Dari atas mobil truk besar itu dimuntahkan peluru-peluru dan senjata-senjata otomatis ke sasaran para jamaah yang sedang bertiarap dan bersembunyi di pinggir-pinggir jalan. Lebih mengerikan lagi, truk besar tadi berjalan di atas jamaah pengajian yang sedang tiarap di jalan raya, melindas mereka yang sudah tertembak atau yang belum tertembak, tetapi belum sempat menyingkir dari jalan raya yang dilalui oleh mobil truk tersebut. Jeritan dan bunyi tulang yang patah dan remuk digilas mobil truk besar terdengarjelas oleh para jamaah umat Islam yang tiarap di got-got/selokan-selokan di sisi jalan.

Setelah itu, truk-truk besar itu berhenti dan turunlah militer-militer itu untuk mengambil mayat-mayat yang bergelimpangan itu dan melemparkannya ke dalam truk, bagaikan melempar karung goni saja. Dua buah mobil truk besar itu penuh oleh mayat-mayat atau orang-orang yang terkena tembakan yang tersusun bagaikan karung goni.

Sesudah mobil truk besar yang penuh dengan mayat jamaah pengajian itu pergi, tidak lama kemudian datanglah mobil-mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran yang bertugas menyiram dan membersihkan darah-darah di jalan raya and di sisinya, sampai bersih.

Sementara itu, rombongan jamaah pengajian yang menuju Kodim dipimpin langsung oleh Amir Biki. Kira-kirajarak 15 meter dari kantor Kodim, jamaah pengajian dihadang oleh militer untuk tidak meneruskan perjalanan, dan yang boleh meneruskan perjalanan hanya 3 orang pimpinan jamaah pengajian itu, di antaranya Amir Biki. Begitu jaraknya kira-kira 7 meter dari kantor Kodim, 3 orang pimpinan jamaah pengajian itu diberondong dengan peluru yang keluar dari senjata otomatis militer yang menghadangnya. Ketiga orang pimpinan jamaah itu jatuh tersungkur menggelepar-gelepar. Melihat kejadian itu, jamaah pengajian yang menunggu di belakang sambil duduk, menjadi panik dan mereka berdiri mau melarikan diri, tetapi disambut oleh tembakan peluru otomatis. Puluhan orang jamaah pengajian jatuh tersungkur menjadi syahid. Menurut ingatan saudara Yusron, di saat ia dan mayat-mayat itu dilemparkan ke dalam truk militer yang beroda 10 itu, kira-kira 30-40 mayat berada di dalamnya, yang lalu dibawa menuju Rumah Sakit Gatot Subroto (dahulu RSPAD).

Sesampainya di rumah sakit, mayat-mayat itu langsung dibawa ke kamar mayat, termasuk di dalamnya saudara Yusron. Dalam keadaan bertumpuk-tumpuk dengan mayat-mayat itu di kamar mayat, saudara Yusron berteriak-teriak minta tolong. Petugas rumah sakit datang dan mengangkat saudara Yusron untuk dipindahkan ke tempat lain.

Sebenarnya peristiwa pembantaian jamaah pengajian di Tanjung Priok tidak boleh terjadi apabila PanglimaABRI/Panglima Kopkamtib Jenderal LB Moerdani benar-benar mau berusaha untuk mencegahnya, apalagi pihak Kopkamtib yang selama ini sering sesumbar kepada media massa bahwa pihaknya mampu mendeteksi suatu kejadian sedini dan seawal mungkin. Ini karena pada tanggal 11 September 1984, sewaktu saya diperiksa oleh Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, saya sempat berbincang-bincang dengan Kolonel Polisi Ritonga, Kepala Intel Kepolisian tersebut di mana ia menyatakan bahwa jamaah pengajian di Tanjung Priok menuntut pembebasan 4 orang rekannya yang ditahan, disebabkan membakar motor petugas. Bahkan, menurut petugas-petugas satgas Intel Jaya, di saat saya ditangkap tanggal 13 September 1984, menyatakan bahwa pada tanggal 12 September 1984, kira-kira pukul 10.00 pagi. Amir Biki sempat datang ke kantor Satgas Intel Jaya.

(Sumber: Buku Tanjung Priok Berdarah, Tanggungjawab Siapa: Kumpulan Fakta dan Data, Yogyakarta: Gema Insani Press via http://olgariki.multiply.com).

About these ads
Categories: Journally
  1. danan
    May 7, 2010 at 5:06 am

    …cobalah sebagai umat muslim kita lebih cerdas dan bijaksana melihat suatu permasalahan, jangan memperkeruh keadaan dengan kalimat2 yang provokatif….baik buruknya pasti ada yang bisa diambil hikmahnya dari hal itu…yang menjadi pengayom rakyat malah represif…tetapi yang harusnya bisa menenangkan umat dan menyejukan jiwa malah tidak tenang dan malah panas dalam menyikapi nya…..

    DAMAI ITU INDAH…..JANGAN MAU DIPROVOKASI…DIADU DOMBA…..ISLAM ITU AGAMA YANG DAMAI….

    • May 7, 2010 at 1:30 pm

      Ia Islam itu agama yang damai….semua tau itu……..
      apa jika umat Islam di tindas, di hancurkan….kita harus tetep ajak mereka damai??
      sedangkan jelas ‘Orang kafir itu tidak akan pernah berhenti menyerang kalian (umat Islam) hingga kalian mengikuti agama mereka”.
      Jihad jalan juang kami, bukan rekonsiliasi di bawah demokrasi………
      Tragedi Priok I 1984 itu jelas PELECEHAN ISLAM, dan apa waktu itu Umat Islam langsung menyerang??? tidak!! mereka akan merundingkan itu ke pihak berwajib, tapi dijalan mereka malah di hadang peluru…..HARUS KITA AJAK DAMAI LAGI MEREKA???

    • addul
      December 10, 2011 at 5:19 am

      Iwan fals presiden
      Kaka slank wakil!!!

  2. satrio
    September 10, 2010 at 3:05 am

    islam pembunuh pantas mati

    • October 9, 2010 at 2:29 pm

      Eh, Satrio jangan suka provokasi yah….Klo mau ngejek Islam Ngaca dulu loe…..!!!!!Beraninya cuma di mulut. Emang Agama Loe apa. Ini Negara Demokrasi Bung
      Yaa Harap Maklumlah, Biarpun Anjing Menggonggong Demokrasi Untuk Saling Menghormati tetap Jalan…

      • ari
        July 18, 2011 at 7:28 am

        satrio kan satria beda o doang , ko ngumpet ya ?

    • April 8, 2011 at 5:35 am

      kontol satrio,dasar anak jin

    • lukman
      June 27, 2011 at 2:20 am

      satrio klo ketemu u pasti mati.

    • June 27, 2011 at 7:09 am

      Lw tuch ngaca dulu jangan asal provokasi, lw comment begitu berani karena lw gk keliatan kalau sampai keliatan gw gk mau tanggung jawab kalau sampai orang2 ISLAM di indonesia bakal bakar lo…

    • wien
      July 28, 2012 at 9:57 am

      MANA ADA TUHAN GUNDUL,PAKAI TINDIK KAYA DADU DITATO PALAGI CUMA PAKAI CANGCUT ALIAS CAWET HAHAHAHAHA NAJIS BUAT ORANG2 KRISTEN
      !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      • I KRISTEN n I PROUD
        August 26, 2012 at 9:00 am

        ini lah contoh sesat orang indonesia. ketika dia diejek balas mengejek. ga bisa kah sebelum bicara dipikir pake otak?? sejak kapan Tuhan kami ada di tato? ada bukti tod. gue ga senang lu hina KRISTEN. TUHAN kami tidak pernah berbuat buruk, dia selalu bergerak dalam kasih. bahkan saat dia hendak dibunuh dia melarang murid2Nya untuk melawan. Dia menyerahkan diriNya disalibkan untuk umat manusia. Dan Tuhan kami tidak pernah mengajari murid2Nya untuk berperang melawan musuh seperti anda. Karena kasih adalah kunci agama kami. GBu all. semoga Tuhan memberi jalan buat yang benar

      • Cristian
        November 18, 2012 at 2:37 pm

        Ah Bacod lo wien, jgn suka sara lo, lo bilang Tuhan kami gundul? ngaca lo woy, lo aja sembah kotak item yg gk ada apa apanya!!! gw trpksa bilang gini , soalx lu da klewatan, mati aja lo dri pada sara

      • Anonim
        April 25, 2014 at 12:26 pm

        Saya disini sebagai Muslim ingin mengatakan sesuatu.

        Mohon perhatiannya, kita sebagai masyarakat Indonesia seharusnya bisa menghormati agama lain, jangan saling menghina dan menjelek2an satu sama lain. Kalau begitu, kapan negara kita bisa bebas dari yang namanya ‘aksi anarkis’ ? Sudah seharusnya kita bisa berpikir jernih, positif dan sesuai akal. Kita harus menghormati agama lain satu sama lain, agar tercipta kedamaian. Negara kita negara damai, bukan?

        Terima kasih atas perhatiannya.

  3. October 6, 2010 at 6:56 am

    inilah salah satu ribuan kekejaman ORBA,siapapun yg protes langsung hilang nyawanya beserta mayatnyapun…sadisssss,semoga soeharto dialam kubur sana mendapat ganjaran yang seberat-beratnya atas segala amal yg dikerjakannya selama hidupnya memimpin ORBA,makanya wahai rakyat indonesia!! hati-hatilah kita memilih pemimpin kita biar tidak terulang lagi..pilih pemimpin yg benar2 kita kenal jangan asal pilih karena dikasih duit kalo gak kenal yg kita pilih mending golput aja deh!! jangan sekali2 pun pilih pemimpin/wakil rakyat yg ada latar belakang ORBA!!! (Golkar,TNI/POl,Keluarga Soeharto,Prabowo,dll yg ada kaitan dengan mereka) kalo asal pilih siiap2 aja kita tambah hancccccccccccuuuuuuuuuuuuurrrr!!!!!!!!!

  4. dharnx
    November 8, 2010 at 4:28 am

    bunuh aja tuch orang kita sesama muslim harus saling membela bunuh mereka anjing

  5. December 23, 2010 at 7:07 am

    bissmillahirrahmannirrohim..sya dsini sbgai umat islam ikut turut ambil bgian dan sklipun ikut prihatin…
    sunguh jgnlah diantara kita mndkti perdebatan yang bkan untk kmaslahatn islam yng akan mmcah persatuan..krna yang amat dtkutiorang kfir yaitu apabila umat islam itu bersatu…kta gnrsi islam hrus bersatu dan mjga kemurnian agama kita…jngan buat semuanya tampak abu2 mencmpurkan yang hak dan bathil krn sama aja itu munafik…

  6. December 27, 2010 at 12:44 pm

    Gue islam sampe matiiii

  7. ismail
    February 6, 2011 at 7:51 am

    islam ga perlu kita sebutkan tapi kita yakini dan kita harus taati!!!!!!!!

  8. February 7, 2011 at 12:58 am

    Woy! yg namanya SATRIO !!!! mau mati lo yeh koment sembarangan aja luh bangsat kafir lo !!

    • June 27, 2011 at 7:14 am

      sudah lah Bang Ayol, kita harus tabah dan sabar, dikarenakan alkisah Nabi Muhamad SAW yang sudah di percaya ALLAH untuk masuk ke SURGA saja sabar dan tabah waktu di ludahin oleh orang2 yg membencinya, jadi kita harus ambil hikmah dan meneladani sifat kasih sayang nabi Muhamad SAW.

      semoga umat islam di dunia ini bisa mengerti dan meneladani kasih sayang nabi Muhamad. SAW. ….. amien

  9. faiz
    February 27, 2011 at 2:56 am

    umat islam tak bersalah jelas 2x lagi pada ngaji tiba 2x dikepung di tembakin sampai sampai amir biki baru baca salam sudah ditembak tepat kena ke paalanya
    ini menurut [matius][mualaf] yang memimpin pembunuhan sadis ini adalah moerdani si abri jahat itu gymana gx diak sanain pasukan org dia panglima besar

    [mudah 2xhan semua yang meninggal syahid semua]

    • alejandro
      April 2, 2012 at 5:37 pm

      amiiin…

  10. Fei Fei
    March 17, 2011 at 7:59 am

    Serem bacanya -___-‘ pernah denger before, tapi tetep aja serem…

    keknya nggak cuman orba aja yang ada begini, sekarang juga ada :((

  11. Dwy
    May 14, 2011 at 1:18 pm

    Sayang banget saya ga ada waktu perisitiwa itu…kalau bisa saya akan menggerakkan seluruh umat muslim di Indonesia untuk menyerang yang nama’y MILITER..tanpa pandang bulu..

  12. moh.yasin priok
    May 16, 2011 at 3:40 am

    militer tuh ajing . . .
    Ga punya otak. . .
    Islam membela yg benar
    maju tak gentar. . .
    Eu jual gw beli

  13. ucup's
    June 19, 2011 at 4:34 pm

    jgn menghina militer bung yasin,anda sdh siap mati ya klo bgtu…

    • anti yahudi tai.....
      August 10, 2011 at 10:12 am

      HIDUP DAN MATI SESEORANG ITU DITANGAN ALLAH BUKAN MILITER……

  14. nero
    June 26, 2011 at 3:57 pm

    tulisan bagus…
    tulisan provokatif si ga masalah…
    asal jangan tindakan yang provokatif…

  15. madun
    June 26, 2011 at 3:59 pm

    militer ada ketika pegang senjata, kau lucuti baju, sepatu bot mu dan senjata bau’mu samakah kau dengan rakyat dan jika rakyat lebih rahasia menyembunyikan senjata jangan biarkan saya mengeluarkannya.. anak istrimu bersama tetangga dirumah, tetanggamu mengintai,..

  16. fakta
    June 26, 2011 at 4:03 pm

    Tulisan seperti ini yg disukai abb.
    Hak asasi? Bagaimana dengan kewajiban asasi terhadap negara?

  17. June 26, 2011 at 4:13 pm

    emang yg namanya pancasila abu sukarnopun mjd tokoh yg meng adu domba DI pdhl di tdk kejam yg kejam DI soekarno..

  18. shebul
    June 26, 2011 at 5:26 pm

    EH satrio keturunan fir’aun jga lu punya mulut..jangan bikin sensasi di sini klo cari sensasi di youtube sono…sesungguh ya iblis bersama orang”yg kafir seperti loe..

  19. dipitdip
    June 27, 2011 at 2:51 am

    miiter saat itu menghina umat Islam bung ucup.. so reaksi emosional bung Yasin dapat dimaafkan. oiya seluruh mahluk yg bernyawa pasti merasakan kematian, jadi itu cuma masalah waktu..saya setuju dgn bung yasin: Militer yg terlibat 12 sept 1984 tanjung priok = Anjing!!! GAK ADA OTAK DAN BERHATI BINATANG!!!

  20. dino
    June 27, 2011 at 4:42 am

    ucup anjink.. Umat Islam ga prnah tkut ma ajal apalagi militer.. Kami cuma tunduk kepada pencipta kami..
    Militer indonesia ga ada guna’y cuma berani ma orang lemah,coba suruh perang beneran pasti pada ngumpet.. L.B MOERDANI km pzti dpt balasan..

  21. June 27, 2011 at 6:58 am

    Astagfirulloh…apakah dunia ini begitu tua sehinga nyawa manusia itu sudah tidak ada harganya, ya ALLAH tambahkan kami keimanan supaya kami bisa menghargai sesama. amien

  22. June 27, 2011 at 7:05 am

    Bang Yasin & Bang Ucup : sudah jangan di perpanjang karena kita semua semua tidak mengalami, semoga umat islam semakin di berikan ketabahan dan kesabaran untuk memerangi Kaum2 Quraisy yang di zaman ini, dan untuk Bang Ucup saya percaya ko kalau ABRI yang sekarang sudah bisa meredam emosi karena sekarang di berlakukan UU HAM, tapi mungkin alasan Bang Yasin comment begitu dilampiaskan untuk anggota ABRI yang waktu menembaki umat islam.

    Dan untuk sekarang yang di berantas itu bukan masalah kuat atau lemah melainkan MARI KITA BERANTAS KORUPSI, KEMISKINAN, PENGANGGURAN, karena kita semua ini sama 1 bangsa 1 nusa. bersatu untuk bhineka tunggal eka

  23. June 28, 2011 at 7:58 am

    itu yang namanya SATRIO.. leher ente pantas ane penggal pake golok..

  24. jangangiladong
    July 1, 2011 at 4:17 pm

    itu org koramil alesan’a apa ya ujug2 nyiram pengumuman pake aer comberan. lg mabok kali ye,,,

    • April 28, 2012 at 8:16 am

      baca juga, tragedi tanjung priok versi pemerintah, biar agak imbang

  25. iyak
    July 13, 2011 at 3:11 pm

    itulah indonesia!

  26. Buztom2
    July 15, 2011 at 1:53 pm

    Intinya berantas Sekularisasi2 yang merebak pada Islam saat ini.
    Islam itu mutlaq dan Universal bagi siapapun

  27. alistair
    July 18, 2011 at 3:15 pm

    Setahu gw semua orang itu pada mau makar. Menolak Pancasila itu ‘kan Dasar Negara.
    Ini bukan negara Islam bung. Kalau sudah begitu ‘mah sudah pengkhianatan namanya.

    Kalo soal provokasi di Mesjid dll…kayaknya informasinya sepihak.
    Yang pasti ‘kan memang ada mimbar menolak Pancasila.

    NKRI dan Pancasila itu harga mati. Kalau pemberontak di Aceh dan Irian yang menolaknya saja bisa ditembakin, kenapa yang di Jakarta tidak?

    • July 29, 2011 at 7:21 am

      Baiklah jika ini negara Pancasila, lantas Islam tidak boleh berdiri disni.
      Bumi ini, tanah ini, udara ini milik Tuhan Kami Allah SWT, termasuk tanah Indonesia ini. Maka silahkan yang mengaku dan membela ini negara pancasila untuk pergi dan mencari tempat lain. Demi Allah…Sekalipun Allah tidak pernah menyuruh kita untuk membangun negara Pancasila. Allah SWT hanya memerintah kita untuk menegakan Islam di seluruh dunia.
      Jadi siapa nih yang harus get out???
      Orang2 yg mau menegakan Islam? atau org2 yg membela dan mengklaim bahwa ini negara Pancasila.??
      Atau kita bertempur sampai kita tahu siapa yg menang? Karena sesungguhnya Al Haq (Islam) itu akan menang….
      Ketahuilah wahai umat Islam….!

      • yunita ayou rosita
        February 8, 2014 at 6:31 am

        saya sangat setuju dgn comen antum….

    • April 28, 2012 at 8:19 am

      Islam itu agama, pancasila itu tuntunan moral yg disepakati bersama. Di dalam keduanya, ada anjuran untuk toleransi, siapapun bebas memeluk agama & menjalankan ibadahnya. Kalau yg sedikit2 pingin ribut, itu yg masih primitif. Lihat sj sekarang, daerah / suku mana yg dikit2 pingin perang..

      • April 28, 2012 at 8:44 am

        emang dalam Islam g ada tuntunan moral ya om?
        bukan lagi manusia yang menyepakati Islam… tapi Yang Nyiptain semua manusia dan yang ngasi makan alam semesta.
        yang primitif dan ketinggalan tuh yaitu orang2 yang masi ngikutin hukum, tatanan hidup buatan manusia sendiri. Gimana g primitif coba..dia menyembah sesama manusia. fiuuhh..

        Islam itu agama dan agama (Dien) itu adalah aturan, hukum, undang2, tatanan hidup. Apa beda dengan Pancasila om?
        Pancasila juga agama…Makanya ada larangan untuk Jangan Menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun, termasuk hukum/tatanan hidup buatan manusia. Karena Alloh SWT nyiptain manusia udah berikut aturannya.

        masi menyembah Pancasila yang hanya buatan otak Sukarno??
        Bodoh sekali orang yang ninggalin ajaran Nabi Muhammad SAW yang dituntun langsung sama Alloh SWT.
        Pancasila itu wahyu dari setan.

  28. Nhita
    July 25, 2011 at 6:21 am

    yg nmx satrio anjing lho….. gue hancurin lho jelek2in islam………..

  29. July 25, 2011 at 9:19 pm

    sdh bung jangan saling menyalah kan..

  30. August 1, 2011 at 9:42 pm

    aku lahir 83..setahun sebelum peristiwa itu terjadi…aku berharap ini semua tidak terulang lagi

  31. Ladies_girl
    August 5, 2011 at 10:32 pm

    He heriawan gw ga nanya lu lhr thn berapa..cita gw kasian gtu ma lu…nggak

  32. indra
    August 6, 2011 at 2:56 pm

    Ini pelajaran berharga yang harus kita ambil hikmahnya, bahwa perkuatlah ukhuwah sesama muslim agar tidak mudah terpecah belah dan mapu hadapi cobaan apapun yang ingin menghancurkan kita.
    Kita tunjukkan pada semuanya bahwa islam bukan agama yang penuh kekerasan tetapi agama yang rahmatan lilalamin….setuju kan rekan rekan !!!

  33. RADIT'Z
    August 15, 2011 at 4:35 am

    ISLAM is a word heart. PEACE ALL

  34. iim hd
    August 15, 2011 at 8:21 am

    siapa pun orangnya, selama ia mengaku sebagai muslim, tak kan mungkin rela atau terima jika saudaranya disakiti, disiksa bahkan hingga dibunuh dengan cara yang tidak manusiawi [adakah “cara” membunuh yang manusiawi? sedangkan yang memiliki hak absolut untuk mencabut nyawa seseorang adalah yang Yang Mahamemiliki]. sakit hati dan pasti menjerit dan berteriak “Allahu Akbar!” darah kan pasti mengalir kencang. otak tentu kan panas. namun semua tak kan terjadi tanpa campur tangan Rabbul’alamin.

  35. ira
    August 19, 2011 at 6:21 am

    Dalam Quran disebutkan bahwa nyawa orang muslim yang dibunuh, apalagi tanpa sebab, harus dibalas nyawa si pembunuh.. dengan korban segitu banyaknya orang muslim, mampukah para pembunuh itu membayar kafarohnya?? jika di dunia tidak bisa membayar kafaroh itu, insya Allah di akhiratlah pembalasannya.. Astaghfirullah hal adhim..

  36. 03111991
    September 8, 2011 at 7:49 am

    si moerdani skrg udh mati blm, gw pngn ketemu terus tonjok tuh orang.

  37. jaka
    September 12, 2011 at 7:03 pm

    sekarang di priuk sudah ada islamic center. mudah mudahan ini bisa menjelaskan dan menggambarkan bahwa sebenarnya betapa baiknya orang orang islam itu. dan tidak ada kesalah pahaman seperti dahulu.

  38. erik
    September 16, 2011 at 3:38 pm

    SATRIO PENGECUT : LAMUN sia lalaki lawan aing tereh karawang

  39. usman Arif
    October 3, 2011 at 8:06 am

    astah hfirrolah sungguh Kejam Bpk Murdani. .. semoga allah mencatat syahid bgi korban. kwbiadaban Murdani. …Dn bgi kta jdi sejarah yg hrus di ketahui oleh Genwrasi Mualim

  40. agus
    October 9, 2011 at 1:25 pm

    segala sesuatunya da ada yg ngatur, yg penting kita taat beribadah, jauhi larangannya dan kerjakan perintahnya. mudah2n umat islam yg mati syuhada di terima amal baiknya dan d hapus dosa2nya, amin. allah swt sallu beserata uamat mukmin.

  41. October 12, 2011 at 10:27 am

    semua tau … indonesia milik semua agama, suku, budaya, dll (bhineka)… semua harus berjuang demi kemajuan bngsa dan negara tanpa melihat perbdaan agama, suku, dll. dr anmisme, dinamisme, hindu, buda, islam, kristen, konghucu, dll laksanakan kwjiban pribadi agamanya jg kwjiban sosialnya. bersatu kita teguh………..amin

  42. agust
    October 16, 2011 at 7:52 am

    Ga heran ma indonesia

  43. October 19, 2011 at 10:10 pm

    jauh banget ama yang ini cerita’a

    http://id.wikipedia.org/wiki/Peristiwa_Tanjung_Priok

  44. Wiena
    October 23, 2011 at 3:44 am

    saya percaya setiap agama itu baik dan tidak mengajarkan kekerasan.. bukan begitu kawan2??

    • October 27, 2011 at 1:14 pm

      bukan kawan…
      tidak ada agama selain Islam.

      • April 28, 2012 at 8:22 am

        yg ini nggak pernah sekolah…
        Agama banyak, tp menurut gue, yg paling bener itu islam, gitu baru bener…

      • ammar
        July 30, 2012 at 9:04 am

        ada donk ,,,anda jg hrus bs menilai komentar anda bs memprovokasi agama lain agama yang dr samawi yg kita tahu ad 3 yaitu :yahudi, nasrani, islam,,,dan islam itu untuk menyempurnakan agama2 yg terdahulu,,untuk agama yg di ridhai di sisi Allah itu islam,,klu agama yg lain (yahudi,nasrani) juga agma yg di turunkan oleh Allah sblm islam untuk sbgi pembelajaran,,karna dalam islam jg hrus mengimani kitab2 Allah yg di turunkan kpd nabi2 terdahulu,,

      • mukhlis
        August 30, 2012 at 11:11 am

        Buat jempol dan Ammar : jika anda beragama Islam coba simak keterangan saya , jika bukan beragama Islam jangan disimak , keterangan saya hanya untuk yang beragama Islam supaya tidak ada kesalahpahaman .

        Agama yang diturunkan oleh Allah S.W.T hanya Islam , mulai dari nabi Adam A.S sampai dengan Nabi Muhammad S.A.W.

        Saya kutip salah satu ayat dalam Al-Qur’an , karena banyak ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan bahwa satu2nya agama yang diturunkan Allah SWT hanya Islam .

        Berikut ayatnya :

        وَمَن يَرْغَبُ عَن مِّلَّةِ إِبْرَاهِيمَ إِلَّا مَن سَفِهَ نَفْسَهُ ۚ وَلَقَدِ اصْطَفَيْنَاهُ فِي الدُّنْيَا ۖ وَإِنَّهُ فِي الْآخِرَةِ لَمِنَ الصَّالِحِينَ إِذْ قَالَ لَهُ رَبُّهُ أَسْلِمْ ۖ قَالَ أَسْلَمْتُ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ * وَوَصَّىٰ بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

        “Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang shaleh.

        Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: “Tunduk patuhlah!” Ibrahim menjawab: “Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam”.

        Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”.

        Adakah kamu hadir ketika Yakub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab: “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishak, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”.” (QS. Al Baqarah: 130-133)

        Mudah2an bisa menjadi pencerahan , Wassalam

  45. PRANANDA
    October 28, 2011 at 2:40 am

    saudara ally memang betul menurut kepercayaan kita tidak ada Agama selain islam
    tetapi kita tinggal di Bumi dengan bermacan2 Etnis,religi dan budaya,
    diantara agama lain, islam lah yg paling indah dengan ajaran2nya dan budayanya.
    biarkan mereka yg menjalankan agama selain islam,toh nantinya di akhir zaman
    mereka sendiri yg tau.
    kita sekedar mengingatkan saja.

  46. HERNANDEZ
    October 28, 2011 at 5:23 pm

    Baiklah jika ini negara Pancasila, lantas Islam tidak boleh berdiri disni.
    Bumi ini, tanah ini, udara ini milik Tuhan Kami Allah SWT, termasuk tanah Indonesia ini. Maka silahkan yang mengaku dan membela ini negara pancasila untuk pergi dan mencari tempat lain. Demi Allah…Sekalipun Allah tidak pernah menyuruh kita untuk membangun negara Pancasila. Allah SWT hanya memerintah kita untuk menegakan Islam di seluruh dunia.
    Jadi siapa nih yang harus get out???
    Orang2 yg mau menegakan Islam? atau org2 yg membela dan mengklaim bahwa ini negara Pancasila.??
    Atau kita bertempur sampai kita tahu siapa yg menang? Karena sesungguhnya Al Haq (Islam) itu akan menang….
    Ketahuilah wahai umat Islam….!

    sedikit coment tentang yang satu ini, tidak ada guna berdebat agama anda yakin agama anda benar begitu juga saya. saya lahir di indonesia dan kenapa mesti pergi atau out. kalau anda merasa tidak cocok hidup dengan kami silakan saja anda pulang ke tanah arab. sebelum islam ada di negara ini. kalimantan ini sudah milik leluhur kami. kami dayak lahir disini. di pulau ini

  47. mujahidin
    October 30, 2011 at 12:48 pm

    Bismillahhirrahmannirrahim..
    Mereka itu adalah kaum kafir yg memerangi islam,bahkan, mereka sudah ada sejak zaman rasulullah saw dan sampai sekarang dan akhir hari nanti, mereka trus menghina,memfitnah,mengadu domba dan memerangi umat islam, maka dari itu marilah umat islam rapatkan shaf kalian, bersatulah supaya kita tdk lemah, sesungguhnya islam harus kita bela sampai titik darah terakhir, surga sudah menunggu kita, jadi mulai saat inilah kita harus berjihad! Allahu akbar!

  48. Oky
    October 31, 2011 at 7:04 am

    semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik, melapangkan kuburnya, mengampuni dosa bagi para korban sodara2 seiman kita karna kekejaman aparat pemerintah yg Zolim kepada rakyatnya…!! dan semoga Allah melaknati para pelaku bejat ini Dunia Dan Akhirat..!! Amien

  49. November 28, 2011 at 10:36 am

    Assalaamu alaikum wr. wb.

    Saudara-saudara seiman, dengarkanlah seruan saya ini, janganlah kita memilih calon presiden dari orang-orang berikut ini karena mereka tidak akan membela Islam dan kalau pun mereka bersuara tentang Islam, hal itu hanya kedengarannya saja, hanya lip servis saja padahal tujuan sebenarnya hanya ingin mencari kekuasaan, dan di antara daftar orang-orang di bawah ini ada yang memang ingin membela Islam, tapi sayang, ia kurang memahami Islam (walaupun di masyarakat ia dikenal sebagai kyai, ulama, atau aktifis Islam):

    Daftar orang-orang yang diprediksi menjadi capres-cawapres 2014 tersebut yang saya anjurkan untuk tidak dipilih sebagai presiden Indonesia adalah: kristiani yudoyono (istri sby), anas urbaningrum, pramono edi (adik ani yudoyono), abu rizal bakri, hatta rajasa, sutiyoso, muhaimin iskandar, wiranto, prabowo subianto, mahfud md, dahlan iskan, surya paloh, sri sultan hamengkubuwono XI, rizal ramli, fajrul rahman, anes basweden, megawati sukarno putri, puan maharani (anak megawati), budiman sujatmiko (politisi pdi-p), jokowi/ joko widodo (walikota solo), said agil siraj, sirajudin syamsuddin, hidayat nur wahid (HNW), rizal ramli, ustadz hilmi, kh didin hafidudin, yusuf mansyur, ustadz jefri (UJ), AA Gym, habib munzir al-musawwa, ahmad syafii maarif (mantan ketua pp muhammadiyah), amin rais, siswono yudo husodo, gus solah, kh. hasyim muzadi, sri mulyani (mantan menteri keuangan), budiono (wakil presiden), tifatul sembiring, lutfi hasan ishak (presiden pks), busyro muqoddas (ketua kpk), prof. dr. komaruddin hidayat (rektor uin jakarta), prof. dr. azyumardi azra dan lain-lain (beberapa waktu lagi akan saya sebutkan yang lainnya sementara ini dulu sambil menunggu komentar teman-teman).

    Wassalamu alaikum wr. wb.

    • April 28, 2012 at 8:24 am

      Dul, jangan asal njeplak
      memangnya yg memahami islam & pantas jd presiden Indonesia yg Bhinneka tunggal ika ini trus siapa? apa mau bikin negara sendiri?

  50. November 28, 2011 at 11:54 am

    Assalamu alaikum wr. wb.

    Saudara saudara seiman yang cinta kepada Islam,

    Dengan ini saya ingin meneruskan daftar nama orang-orang yang tidak pantas menjadi presiden Indonesia yaitu: ulil absar abdalla, abdul moqsith gazali, yudi latif (pembela pancasila), sumanto al-kurtubi, lutfi asy-syaukani, masdar f mashudi, musdah mulia, prof. dr. nasaruddin umar (wakil menteri agama, mantan dirjen bimas islam), yusril ihza mahendra, rizal mallarangeng, agung laksono, agum gumelar, akbar tanjung, yudi krisnandi (yudhi chrisnandi) mantan anggota golkar, tommy soeharto, nazaruddin, gayus tambunan, komjen pol susno duaji, aktor pong harjatmo, dedy mizwar (aktor gaek), nurmahmudi ismail (walikota depok), h. ahmad heryawan (gubernur jawa barat), ratut atut chosiyah (gubernur banten), rano karno (aktor-wakil gubernur banten), irwan prayitno (gubernur sumatera barat), fadel muhammad (politisi golkar, mantan menteri kelautan), nurul arifin (artis, anggota dpr), rieke dyah pitaloka (artis, anggota dpr), dede yusuf / yusuf macan effendi (wakil gubernur jawa barat), karena kalau kepemimpinan Indonesia diserahkan kepada salah seorang dari mereka, maka Indonesia tidak akan bisa menjadi negara super power (adi daya), jangankan menjadikan Indonesia menjadi negara super power, untuk memberantas korupsi, narkoba, tawuran, maksiyat, ahmadiyah dan aliran sesat saja mereka kagak mampu. Saya tahu mereka karena saya mengetahui banyak hal-hal yang anda tidak ketahui. Indonesia membutuhkan seorang pemimpin besar yang 1000 kali lebih besar dari Sukarno (padahal saya juga tidak suka Sukarno dan saya bukan pendukung Sukarno), yang tegas, keras, berani membela yang benar (Islam), bukan sosok yang penakut, peragu, penjilat, munafik, kafir, zalim, fasik, bakhil, musyrik, riya dan suka membohongi rakyat, yang antara perkataan dan perbuatan berbeda sama sekali. dan tidak mudah masuk ke dalam jebakan musuh-musuh Islam.

    Nanti saya lanjutkan.

    Wassalam,
    Hormat saya,

    Abdul Mukti

    • kambuh
      March 5, 2012 at 8:34 am

      pilih bapakmu saja ya….

  51. tya priok
    November 29, 2011 at 9:39 am

    saya tau benar kasus berdarah ini karna ayah saya juga korban sebenarnya muslim itu cinta damai hanya orang yang kafir yang tidak suka islam saja yang suka menyulut permusuhan mudah mudahan peristiwa seprti ini tidah terulang lagi

    • November 29, 2011 at 9:58 am

      Subhanalloh….Allohummagfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu…
      semoga ayah antum ditulis sebagai syuhada. amin.

  52. December 12, 2011 at 10:21 pm

    itulah kekejaman rezim Orde Baru, dari awal kepemimpinan Soeharto. pembantaian ini sudah terjadi pada tahun 1965, mereka itulah juga yang melakuakn pembunuhan Dewan Jendral.

  53. @keira_irene
    January 17, 2012 at 4:03 pm

    bacotttttttt lo islammmmmmm anjinkkkkkk
    bantai truz

    • khey
      February 2, 2012 at 8:19 am

      Eh anjing!!turunin. Si bangsat yesus tuh dri tiang jemuran.ksian bego!!punya tuhan kya gembel jaah bngga lu!wkwkwk…

  54. Aviva
    January 26, 2012 at 9:01 am

    dasarnya mlakukan pmbantaian itu apaa ya??
    .sadisss bangett,ga nyangka ada yang tega membantai umat sendiri

  55. February 25, 2012 at 2:40 pm

    Jika dasarnya kebencian terhadap Islam, apapun akan dilakukan. Umat Islam harus segera berbenah. Kuatkan Ukhuwah. Jangan fanatik kepada madzhab dan aliran. Hanya ALLAH dan Rasul-Nya yang paling benar. Semoga darah yang tertumpah menjadi kesyahidan mereka. Semoga ALLAH melaknat para musuh-Nya.

  56. February 25, 2012 at 2:47 pm

    Mas abdul mukti kalo presidennya kamu tetntu negara ini akan tambah rusak..!

  57. gue
    March 3, 2012 at 1:57 pm

    yang bunuh muslim tanpa dosa, halal darahnya

  58. Rafif
    March 12, 2012 at 11:27 am

    Kok sadis banget,ya

  59. Rafif
    March 12, 2012 at 11:28 am

    Moga-moga hal yang sama tidak terjadi sekarang

  60. Abdulhadithalhah
    March 12, 2012 at 11:29 am

    Mungkin maksud si satrio tu dalam islam pembunuh tu pantas mati

  61. Abdulhadithalhah
    March 12, 2012 at 11:30 am

    Kita tidak boleh saling mengejek karena dalam islam itu ,saling ejek mengejek itu tidak diperbolehkan

  62. Abdulhadithalhah
    March 12, 2012 at 11:31 am

    People always comment on what they don’t like but,they can’t do better than that

  63. amr
    March 18, 2012 at 4:50 pm

    Eh, pengumuman, ane dapet kabar satriyo mati keselek biji salak.

  64. AHMAD
    March 21, 2012 at 10:12 am

    TRAGEDI INI,AKAN TERUS MENJADI KENANGAN BAGI AKTIVIS ISLAM AKAN KETIDAK PERCAYAAN TERHADAP IDEOLOGI PANCASILA…. KRN SUMBER MASALAHNYA ADALAH DIBERLAKUKANNYA ASAS TUNGGAL OLEH PENGUASA ORDE BARU PD SAAT UTU.. MK KPADA KAUM MUSLIMIN, MARI BERSATU UNTUK MENOLAK ASAS TUNGGAL YANG AKAN DIBERLAKUKAN KEMBALI OLEH SBY UNTUK MENGHIDARI OTORITAS DAN KEDZOLIMAN PENGUASA TERHADAP UMAT ISLAM DINEGERI ISLAM INI..

  65. ABDULLAH
    March 21, 2012 at 10:14 am

    LAWAN APAPUN BENTUK PENINDASAN PENGUASA TERHADAP UMAT ISLAM DI INDONESIA… ALLAHU AKBAR

  66. asdasd
    March 25, 2012 at 11:33 am

    good

  67. March 27, 2012 at 6:49 am

    Sadis

  68. noordin
    March 31, 2012 at 11:23 am

    Saudara2 setanah air,,sebaiknya ga usah baca blog ini deh,,si ally muhamad ini ga jelas dan kayaknya sesat deh,,orangnya aja kayaknya bukan asli indonesia,,gimana bisa dibilang orang baik lha wong komentar2nya aja penuh kebencian gitu

    • April 2, 2012 at 12:06 pm

      terimakasih atas komentarnya yang sopan :)

    • alejandro
      April 2, 2012 at 5:52 pm

      Ei noordin,, jangan pake kata ‘kayaknya,, kLo Loe ga bisa masti.in,, diem aja loe d dapur,, ngupil aja loe,.!!

  69. alejandro
    April 2, 2012 at 5:55 pm

    yaaa,, si moerdani anjinkk itu kLo di kasih duit sekoper,, bahkan berkoper-koper,, yaaaaa,, gmn bisa nolak kLo d kasi perintah,.!! suruh bunuh dgn perfect skenario, ya bunuh aja,, org militer ga punya otak,, hiburannya y nge.dangdut n miras,.!!!

  70. alejandro
    April 2, 2012 at 6:05 pm

    ISI SURAT MISI KRISTENISASI INDONESIA

    Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

    Tolong di share ke kawan yg lain ya, sesama muslim harus saling mengingatkan.

    Inilah suratnya :

    =====================

    PROKLAMASI PERNYATAAN DEWAN GEREJA INDONESIA ” MEGA PROYEK RENCANA KRISTENISASI DI INDONESIA “

    Jakarta, 21 Mei 1998

    Nomor : 013/SGT – CSIS/V/98…

    Lamp. : 1 ( satu ) berkas

    Sifat : SANGAT RAHASIA

    Perihal : Rencana Kristenisasi di Indonesia

    Kepada Yth :

    1. Para pendeta PGI.

    2. Para Pimpinan Wali Gereja.

    3. Para Penginjil.

    4. Ketua Umum G.M.K.I.

    5. Ketua Umum P.M.K.R.I.

    6. Para Ketua DEMA UKI.

    7. Para Ketua DEMA Atma Jaya.

    8. Para Ketua DEMA Sekolah Teologia Kristen Indonesia.

    9. Para Jemaat PGI dan Wali Gereja yang terkasih.

    10. Pimpinan Redaksi KOMPAS.

    11. Pimpinan Redaksi SUARA PEMBAHARUAN.

    12. Media Elektronika Radio / TV Swasta Afiliasi Kristen.

    di Seluruh Indonesia

    * Salam sejahtera dalam Kasih Tuhan, Jesus Kristus. Sebagai pernyataan rasa solidaritas Oikumene dan konsistensi serta eksistensi kita sebagai Ummat Kristiani di Indonesia, yang bergabung dalam wadah yang bernama ” C.S.I.S. ” dan ” SINAR GARUDA TIMUR “, maka kami pemimpin kedua wadah tersebut bergandengan tangan dalam Oikumene menyerukan kepada segenap Ummat Kristiani di seluruh penjuru Indonesia dalam menghadapi tantangan berat dalam masa Reformasi dari “Orang-orang Islam” yang nota bene menggangap kita minoritas.

    * Setelah memperhatikan sikap dan tindakan-tindakan orang-orang Islam di Indonesia baik yang menjadi Pejabat Tinggi Negara maupun pengusaha dan para ulamanya secara terus menerus ingin menghentikan perkembangan Kristen di Indonesia, apalagi mereka orang-orang Islam sudah mendominasi politik Golkar dan sudah mengendalikan Soeharto sehingga kegiatan mereka makin menjadi-jadi. Soeharto dan antek-anteknya sudah memilih pejabat-pejabat Islam lebih banyak daripada Kristen. Lebih-lebih dengan munculnya tokoh radikal Islam seperti Zainuddin MZ, Amin Rais, Nurcholis Madjid yang tergabung dalam ICMI. Hal tersebut rasanya menyulitkan kita untuk berkembang sebagaimana rencana kita 25 tahun silam. Namun demikian, nuansa baru telah tiba dengan adanya tuntutan REFORMASI dari para mahasiswa yang nota bene sangat menguntungkan kita dalam memperjuangkan kembali misi mulia kita yang sempat terhenti oleh antek-anteknya Soeharto.

    Dalam era ini, kita harus manfaatkan dengan sebaik-baiknya tiap momentum sehingga reformasi tetap disuarakan oleh mahasiswa sampai tumbangnya Habibie dengan ICMI-nya. Saudara-saudara para gembala yang tergabung dalam Forum Reformasi Mahasiswa Kristen Indonesia (FRMKI), kita harus tetap berjuang dengan memboncengi unjuk rasa mahasiswa untuk agar tujuan kitra tercapai, “Kristen Jaya di Republik Indonesia” seperti periode awal era Soeharto. Sehubungan dengan momentum reformasi yang mulus ini, maka kami telah berkunjung ke Amerika Serikat untuk mendapatkan petunjuk tentang misi kita dalam menjadikan agama Kristen sebagai agama mayoritas penduduk Indonesia dan kalau perlu menghalangi dengan cara apapun untuk memecah belah antara Islam sehingga perkembangan Islam di Indonesia terhenti dan menjadikan mereka golongan minoritas seperti di Filipina, Bosnia, Kosovo, dll.

    Dari hasil wawancara kami dengan pemuka agama Kristen Amerika yang duduk di Kongres Amerika dan pengusaha-pengusaha Kristen Amerika, mereka siap membantu kita dengan DANA dan TENAGA untuk menekan pemerintah Habibie sehingga rakyat makin menderita dan terus mengadakan reformasi, kalau perlu kita tiupkan nuansa REVOLUSI, yang nantinya akan dimanfaatkan oleh tokoh-tokoh kita yang pernah menjabat dalam pemerintahan Soeharto, seperti Jendral Benny Moerdani, Mayjen TB Silalahi, Pak Soemarlin, Pak Radius, Pak Moey. Pak Sudrajat, Pak Frans Seda, Pak SAE Nababan, Pak Romo Sandyawan, Pak Mochtar Pakpahan, Pak YB Mangunwijaya, dan tokoh muda kita sdr. Budiman Sudjatmiko, dan sdr. Pius.

    Misi mulia kita tetap satu. Kristenisasi Indonesia dalam waktu 25 tahun dengan cara apapun. CIA dalam hal ini turut ini membantu kita, seperti bantuan mereka pada negara-negara lain untuk

    mengucilkan negara-negara Islam di seluruh Indonesia dan memecah belah persatuan dan kesatuan Islam. * Program Kristenisasi secara umum diadakan di seluruh dunia di negara-negara Islam dan negara-negara mayoritas Islam, untuk mewujudkan misi mulia sang gembala dalam mendamaikan dunia dalam Kasih Tuhan Jesus Kristus Juru Selamat. Bila Kristen telah menjadi agama mayoritas di seluruh dunia, dunia akan aman dan damai,. Untuk itu, kita harus bersatu dalam OIKUMENE NASIONAL. Dalam mengkristenkan orang-orang Islam di Indonesia. Terutama generasi muda (siswa dan mahasiswa).

    Misi kita akan dipantau dan dibantu oleh Amerika dalam bentuk dana dan tenaga (CIA). Harus di upayakan agar misi kita tidak akan terbaca oleh mereka. Seakan-akan tuntutan reformasi murni dari orang-orang (mahasiswa dan pemuda) Islam. Insiden 12 Novemer 1991 di Dili dan peristiwa berdarah di Masjid Tanjung Priok merupakan bukti nyata kekuatan kita. Saudara seiman kita ” Xanana Goesmau ” harus segera dibebaskan agar dapat melanjutkan misinya dalam mengucilkan orang Islam di Dili. Jadi misi kita saat ini bermotifkan ” Reformasi Mahasiswa ” yang kita tumpangi secara tersamar dan ambil manfaat sebaik-baiknya agar tokoh-tokoh Islam tidak lagi mendapat simpati di hati rakyat Indonesia. Kita tonjolkan kedermawanan tokoh-tokoh Kristen untuk mendapatkan simpati rakyat. ” Daftar Hitam ” yang harus diperhatikan amtara lain: Prof. Habibie dengan ICMI-nya, Amin Rais dengan Muhammadiyah-nya, Gus Dur dengan NU-nya, Nurcholis Madjid dengan Islam radikalnya, Emha Ainun Nadjib dengan Budaya Islamnya, Faisal Tanjung, Wiranto, Syarwan Hamid, Yunus Josfiah, dan rekan-rekannya. Tugas Utama kita yaitu mendukung Jendral Tri Sutrisno sebagai Presiden Priode mendatang, karena Pak Tri mudah dipengaruhi dan mudah dikendalikan. Juga orang-orang seperti Moerdiyono, Rudini, Emil Salim, Ali Sadikin, Sarwono, dan rekan-rekannya yang ambisi kekuasaan kita pegang mereka dan selanjutnya lakukan politik memecah belah mereka. Untuk itu tugas kita yang utama ialah menciptakan perselisihan dan pertengkaran antara orang-orang Islam fanatik dan Islam abangan sehingga terjadi perang saudara antara mereka, dengan memberikan sandang-pangan cuma-cuma, besiswa, anak asuh, pekerjaan yang dikelola oleh pengusaha Kristen Pribumi dan keturunan, seperti Sofyan Wanandi, dan Pak Yusuf Wanandi, Pak Salim Sudono, Pak Ciputra, Pak Usman Wibisono, Pak Eka Cipta, yang membantu misi mulia ini.

    * Saudara-saudara seiman dalam kasih Tuhan Jesus Kristus, saudara-saudara harus ingat bahwa tugas kita ummat Kristiani adalah tugas mulia, dan harus dilaksanakan oleh setiap ummat Kristiani sejati sebagai wujud nyata kecintaan kita kepada sang Penebus kita, Yesus Kristus, pemberi terang dan tenteram bagi seluruh dunia. Kasih Jesus Kristus Juru selamat kita pasti diberikan kepada kita yang berada di garis terdepan dalam melanjutkan perjuangan Sang Gembala selama hayat kita. Sarana informasi sangat dominan dalam mempercepat upaya kita untuk mewujudlkan peselisihan diantara orang Islam dan menimbulkan kekacauan di masyarakat, sehingga bantuan MF tidak dapat digunakan. Kita manfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya, membonceng reformasi yang lebih keras dan lebih revolusioner sampai pemerintahan Habibie jatuh. Dalam hal ini, media cetak dan elektronika seperti Kompas, Suara Pembaharuan, dan media cetak Kristen lainnya sangat membantu, demikian juga TV swasta yang berafiliasi kepada kita. Lemparkan isue-isue yang sifatnya menghilangkan kepercayaan masyarakat kepada Habibie cs.

    * Rencana selanjutnya yaitu media cetak dan elektronika harus dikuasai oramg-orang kita sehingga dengan leluasa dapat memutarbalikan fakta di masyarakat. Tujuan utama kita menjatuhkan pemerintah Habibie dan ICMI selama-lamanya dari bumi Indonesia. Untuk itu kaum intelektual, pengusaha, dan kaum muda kita, utamanya mahasiswa yang pegang peranan aktif dalam hal ini, teruslah berjuang dan kalau perlu pakai jilbab dan pakai kopiah, berikan salam untuk mengibuli mereka. Budayawan Kristen seperti Pak Chris Pattikawa dan teman-temannya, Ibu Ratna Sarumpaet dengan kawan-kawannya mengikut sertakan artis Islam dalam segala kegiatan untuk melunturkan fanatisme mereka terhadap Islam. Kawini orang Islam dengan tujuan merobah mereka menjadi kristen taat, contohnya Rina Hasyim. Ini tugas mulia kita . Kita harus kuasai pemerintah pusat maupun daerah dan ABRI, jabatan-jabatan penting harus dikendalikan oleh tokoh-tokoh Kristen agar memberikan fasilitas dan segala kemudahan bagi orang Kristen untuk bekerja, sekolah, masuk ABRI, masuk universitas, kenaikan pangkat dan lain sebagainya sehingga suatu saat kita yang dominan di dalam pemerintah di pusat daerah ABRI contoh nyata yaitu Timor Timur, NTT/Kupang, Sulawesi Utara/Menado, dan Maluku/Ambon sudah dikuasi sehingga orang-orang Kristen dapat berkembang leluasa mendominasi orang Islam. Yang masih harus kita bantu yaitu Sulawesi Selatan, disana orang Kristen (Tanah Toraja) sangat berani dan taat. Agar segera berkembang dan mendominasi orang Islam. Sementara itu, Jakarta, Surabaya, Yogya, Semarang, dan Medan harus segera dikuasai. Proses nepotisme kita utamakan bagi orang-orang kita, bukan bagi orang Islam. Kita tiupkan nepotisme dan toleransi agama kepada pejabat Islam, sehingga tidak dipercayai dan diganti orang kita, Islam abangan, atau golongan nasionalis. Adalah mulia bila saudara-saudara kedepankan misi suci Kristus Penebus Dosa daripada kepentingan pribadi.

    * Angkatan Bersenjata mutlak harus dikuasi karena ABRI merupakan tulang punggung negara. Momentum ini sangat baik bagi kita untuk memecah belah kalangan ABRI sehingga ABRI yang fanatik Kristen dapat mendominasi Angkatan Bersenjata. * Kita upayakan KB di kalangan orang Islam dengan berbagai cara, terutama informasi KB kepada ulama, kyai, santri, tokoh Islam, sehingga masyarakat Islam ber-KB. Kita sebagai orang Kristen dilarang untuk ber-KB karena itu menyalahi tugas mulia ya ng diemban oleh Yesus Kristus, Sang Penebus. Untuk menjalankan kebijaksanaan ini, maka sebagian besar dokter bidan, perawat, dan pegawai BKKBN haruslah orang-orang Kristen agar memudahkan KB mantap bagi pasangan-pasangan Islam. Selain Itu ummat kristiani harus mendirikan lebih banyak lagi Rumah Sakit di seluruh Indonesia untuk mencapai sasaran kita.

    * Kita haus membantu perekonomian rakyat kecil dalam hal memberikan lahan kerja memberikan makanan cuma-cuma mengangkat anak asuh agar orang Islam abangan dapat mengikuti ajaran Kristus, membuat tempat ibadah di masyarakat Islam, menghidupkan judi, tempat pelacuran, bar-bar, memasok pil ektasi, bir, putaw, dll. agar digunakan oleh generasi muda Islam sehingga lambat laun akan mengganggu moral mereka dan menghilangkan fanatisme mereka terhadap Islam. * Posisi agama Kristen di bidang pendidikan sangat menetukan generasi mendatang Sarana pendidikan harus dikuasai oleh kita. Perbanyak SD, SMP SMU Universitas Kristen di seluruh Indonesia, dengan memasukkan ajaran Kristen penuh dalam

    Kurikulum pendidikan di sekolah penting dalam jajaran Departemen Pendidikan dan Kebudayaan harus dijabat oleh orang Kristen fanatik dan memberikan fasilitas kepada siswa dan mahasiswa Kristen karena mereka adalah asset utama Agama Kristen di masa mendatang.

    * Demikianlah secara singkat rencana Kristenisasi kita yang pernah tertunda di zaman rezim Soeharto, dan pada era baru ini, kita harus cepat dan tanggap dalam membaca situasi dan tetap berusaha mendeskriditkan Pemerintahan Habiibie dan tetap menuntut SI MPR dilaksanakan agar Pak Tri dapat menduduki jabatan Presiden RI demi kemajuan Kristen di Indonesia. Pemimpin-peminpin dari media cetak kita telah siap memberikan informasi dan tanggapan yang mendeskreditkan Habibie agar rakyat tidak mempercayainya lagi,. Untuk itu saudara-saudara harus turut membantu terutama kalangan intelektual budayawan, artis, tokoh muda , mahasiswa, siswa, dan semua gembala-gembala Yesus Kristus harus bersatu padu dalam OIKUMENE untuk mencapai cita-cita mulia kita. Mahasiswa harus tetap menjalankan unjuk rasa dan mengacaukan masyarakat. Daam hal ini pak Frans Seda, Pak Benny, Pak Romo Sadyawan, Pak Yacob Utama, Pak YB Mangunwijaya, Pak Mochtar Pakpahan, Ibu Ratna Sarumpaet, Pak Saban Sirait, Pak SAE Nababan, Sdr. Budiman Sudjatmiko, dan Sdr. Pius, serta reformis-reformis Kristen lainnya. Sebagai pelopor utama reformasi akan mengacaukan dan mengambil alih kekuasaan orang-orang Islam dalam pemerintahan. Saudara-Saudara harus ingat pesan kami : JANGAN PERCAYA setiap orang sebelum yakin bahwa dia adalah KRISTEN sejati pengemban misi Yesus Kristus Sang Penebus Dosa. Upayakanlah agar informasi ini tidak sampai ke tangan yang TIDAK BERTANGGUNG JAWAB yang pada akhirnya akan mengacaukan misi mulia kita. Kami percaya bahwa ” Yesus Kristus ” selalu bersama kita dalam menegakkan keadilan dan kedamaian di dunia sesuai ajarannya Vini…….Vidi……..Vici…………………………… Salam Oikumene kasih kristus !

    a.n. Dewan Pengurus SGT & CSIS ttd, Jend. Benny Moerdani, Drs. rans Drs. Sabam Sirait, Pdt. SAE Nababan, YB Mangunwijaya, Mayjend. TB Silalahi, Ratna Sarumpaet, Mochtar Pakpahan, Budiman Sudjatmiko.

    ====================

    Catatan : Surat ini benar dan aktual! Berasal dari seorang teman di Menado (Sulawesi Utara), lalu dikirim ke UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta), lalu disebarkan lagi kebeberapa kampus.

    Lembaran yang ditangan anda ini adalah salinan dari Sdr. M. Sohir (Mahasiswa Institut Agama Islam Al Ghurabaa’ Rawamangun Jakarata Timur ). Disalin sesuai Aslinya. Lembaran ini agar diperbanyak dan dibagikan kepada MAHASISWA ISLAM ! Jika Saudara masih meragukan kebenaran surat ini, silahkan hubungi: 1. Abba Taher Lamatapo ( Universitas Muhammadiyah Jakarta ) Telp.7470.93282.

    Mohammad Sohir (Fak. Tarbiyah Institut Agama Islam Al Ghurabaa’) telp= 489.0055

    Setelah membaca surat ini, marilah kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap makar para musuh-musuh Allah mari kita galang persatuan dan kesatuan DALAM ISLAM Ingat tanpa ISLAM cita-cita reformasi mustahil tercapai.

    TTD

    ( Mohammad Sohir ) mahmud mustain

    Research Student Dept. of Geology University of Leicester

    Tel. 0116 252 5282 (Geophysic Lab.)

    http://lets-learn-about-islam.blogspot.com/

    Fax. 0116 252 3918 (Department)

  71. bejo
    April 8, 2012 at 3:04 am

    allohuakbar

  72. Bet Daniel
    April 18, 2012 at 1:56 am

    Kalau tidak suka dengan Pancasila, silakan Anda pindah ke negara lain dengan prinsip yang sesuai dengan paradigma Anda, gak perlu ubah sistim yang ada di negara ini..

    • April 18, 2012 at 3:09 am

      kalo g suka Islam. Silahkan anda pindah ke bumi lain. Ini bumi Alloh..bukan bumi pancasila..

      • Bet
        April 18, 2012 at 11:12 am

        Anta ngomong sembarangan.. Kalau anta main klaim bumi ini milik Allah SWT (berdasar Al Quran), maka Bani Israil pun berhak meng-klaimnya (berdasar Tanakh).. Allah SWT itu baru muncul belakangan, Adonay Elohim-nya Israil sudah ada duluan. Nanti, yg Kristen pun main klaim berdasar Alkitab, alhasil cuma ada kekacauan di dunia ini..

        Masih banyak negara yg dengan konservatif menerapkan hukum Islam, seperti Sharjah, Fujairah, Umm Al-Quwain (negara2 di UAE).. Anta aja pindah ke sana.

        Saya mau tanya: Kalau nanti negeri ini dipimpin oleh Khalifah, gimana cara penunjukkan Khalifah tsb?

      • April 18, 2012 at 12:30 pm

        yaa sudahlah,,,,g perlu debat.,.tunggu ajaa…siapa yg menang …ok..
        simpel kan? ;)
        terimakasi kunjungannya…

      • April 18, 2012 at 12:30 pm

        yaa sudahlah,,,,g perlu debat.,.tunggu ajaa…siapa yg menang …ok..
        simpel kan? ;)
        terimakasi kunjungannya…

  73. -akew-
    April 18, 2012 at 9:09 am

    Jangan terprovokasi wahai saudara2 umat islam… kita haus lebih pintar untuk menyikapi dengan pemikiran Islam.

    • April 18, 2012 at 12:30 pm

      guud…jangan terprovokasii yaa.. :)
      “damai itu indah”
      dan tidak ada damai tanpa Islam :)

    • Bet
      April 18, 2012 at 12:48 pm

      Ya, jangan terprovokasi dengan tulisan Bapak Ally Muhammad Abduh Ibnu Faridz ini.. Junjung tinggi persatuan dan kesatuan negeri. Begitu negeri ini di-islam-kan, pada saat itulah akan pecah perang saudara di negeri ini. Islam vs Islam. Perang dan pembunuhan sesama Islam sudah terjadi sejak nabi Muhammad wafat. Oleh karena itu, Indonesia harus menjadi negara sekuler, demi kebaikan Islam itu sendiri.

  74. Bet
    April 18, 2012 at 1:19 pm

    Okai, Bpk Ally Muhammad Abduh Ibnu Faridz yth, saya mau tanya: Bila Indonesia menjadi negara Islam, siapa yang berhak menjadi khalifah dan bagaimana cara penunjukkan khalifah tsb? Dengan suara terbanyak (demokrasi) atau wangsit dari surga? (gimana caranya kami yakin itu suara dari surga dan bukan suara dari manusia?)

    Apakah khalifah yang pantas dari Muhammadiyah, NU, FPI, Shiah, Ahmadiyah atau apa? Silakan dijawab di sini.

    • April 18, 2012 at 2:14 pm

      :)
      u know nothing..
      soo…pelajari dulu Islam kalo mau menghancurkannya. :). Karena anda tidak akan mendapatkan apa2 dari apa yang anda usahakan untuk melenyapkan cahaya Islam. Terimakasi sekali lagi atas kunjungannya. Silahkan anda berkomentar sesuka hati anda… :)

      • Bet
        April 19, 2012 at 12:59 am

        Segitu aja, jawaban anta? Tepatlah pepatah: Tong kosong, nyaring bunyinya.. Wassalam.

        (Btw, mengapa ribuan nyawa melayang di Siria, tidak ada satu pun ormas Islam di negeri ini yang tergerak untuk membantu? Giliran satu orang Palestina cidera/meninggal oleh Israil, langsung pada berkoar2.. Standar ganda!)

  75. April 28, 2012 at 8:11 am

    Mestinya waktu itu kalau hanya mau demo atau berunding tentang orang yg ditahan, datang nya tdk perlu ribuan spt itu & pada membawa sejata tajam. Dengan dtgnya ribuan & pd bawa senjata tajam, itu sudah bermaksud rusuh dulu…

  76. Indonesia Jaya
    May 1, 2012 at 12:22 pm

    Pelajari Islam dan Pelajari Sejarah adanya Indonesia beserta isinya sampai khatam, akan dapat menjawab semuanya…
    yang pasti negara ini bukan negara Islam, tetapi negara yang beragama atas dasar Ketuhanan Yang Maha Esa…

  77. abay
    May 26, 2012 at 4:43 pm

    udahlah jangan saling menghina ato mengejek soal agama,kita sbgai umat muslim merasa benar kalo agama kita paling benar,mereka pun yg nonmuslim pasti merasa kalo agama mereka yg paling benar krna mereka sangat taat dan yakin sama agamanya
    agamaku agamaku…agamamu ya agamamu
    junjungan kita NABI BESAR MUHAMMAD SAW tidak pernah menyuruh ato memaksa seseorang untuk masuk ISLAM tpi beliau hanya mengajak,kalo ada yg mau…..monggo…,kalo mereka ga mau….yo wis ora opo2 yg pnting beliau sudah ngasih tau

  78. fathan
    June 2, 2012 at 2:26 pm

    mana anjing satrio,,,gua tantang duel lo anjing gua anak karawang ,,,kalo lo berani hub, gue gue penggal kepala lu,,,setaaaaaaaaaaaaaaaan rio…

  79. fathan
    June 2, 2012 at 2:28 pm

    mana anjing rio,,,,ngatain islam pembunuh,,,,goblok lu kalo tau orangnya gue penggal ke[palanya setan,,,ngomong dijaga anjing rio,,,

  80. fathan
    June 2, 2012 at 2:29 pm

    halal hukumnya penggal kepala si setan satrio kafir,murtad lo anjing…..

  81. tarantulla
    July 22, 2012 at 1:07 am

    itu lah misi dari seorang missionaris,Lincah seperti kelinci licin seperti ular :)
    untuk anda orang orang missionaris turunan si moerdani,siap siap terkana api neraka !
    pergilah engkau ke neraka bersama satan satan !

    ALLAHU AKBAR !

  82. hanz_coudet
    July 25, 2012 at 7:21 am

    Haduuuuuuuuuuhhh seru sekali baca komennya …. Kisah tanjung Priok II terjadi di komennya —

  83. yus
    August 19, 2012 at 8:48 am

    satrio :
    islam pembunuh pantas mati

  84. yus
    August 19, 2012 at 9:18 am

    jangan mau di provokasi sam si satrio,

  85. Cow Ganteng
    August 22, 2012 at 1:12 pm

    g usa terprovokasi sama satrio. dia emang anjing jahannam g usa dipikirin. dia cuma buat kita capek dengan menghina: di forum ini. buang-buang waktu. kayak intel CIA atau masonis atau anjing” munafik lain di pemerintahan yg mmbuat provokasi kepada umat islam, sehingga banyak hal yang kita tidak kritisi dan terabaikan karena provokasi itu sehingga kita sendiri jatuh pada permainan mereka. Kayaknya emang itu kelemahan umat Islam seluruh dunia akhir-akhir ini . Kita harus bangkit. Harus kritis. Jangan gampang terpengaruh oleh media yang media itu dibawah naungan anjing-anjing kaum elite.

  86. bayu azurabioz
    August 23, 2012 at 1:27 am

    selagi kita masih berkelumuran dosa. tak perlu berdebat sobat. dlm islam jauhilah perdebatan.. untuk kaum kafir biarkan saja. kita hanya perlu membentengi diri kita dari serangan yg tak terlihat (godaan syetan) jauhkan diri kita dn keluarga kita dari siksa api neraka. kelak sebelum hari kiamat akan ada peperangan nyata yang dipimpin oleh imam mahdi dari mesir, dia adalah keturunan terakhir dari nabi kita Muhammad SAW. kelak pada peperangan itu pintu tobat telah di tutup. maka dari itu bersiaplah dari sekarang untuk banyak2 beribadah dan berbuat amal kebaikan (termasuk saya sendiri) … Salam damai umat islam.

  87. YANNES
    August 26, 2012 at 9:11 am

    Seabaiknya ada program di dunia maya yang mengatur dalam mengkoment sebuah artikel.
    sebaiknya isu SARA jangan dibawa2 dalam setiap komen. dan juga kita dalam mengkomen sebaiknya memikirkan dahulu apa dampak komen anda semua. komen pada ngaco berarti anda tidak berpendidikan sama sekali. gue setuju sama perkataan Bayu azurabioz “dlm islam jauhilah perdebatan.. untuk kaum kafir biarkan saja. kita hanya perlu membentengi diri kita dari serangan yg tak terlihat (godaan syetan) jauhkan diri kita dn keluarga kita dari siksa api neraka. kelak sebelum hari kiamat akan ada peperangan nyata yang dipimpin oleh imam mahdi dari mesir, dia adalah keturunan terakhir dari nabi kita Muhammad SAW. kelak pada peperangan itu pintu tobat telah di tutup. maka dari itu bersiaplah dari sekarang untuk banyak2 beribadah dan berbuat amal kebaikan (termasuk saya sendiri) … Salam damai umat islam.” Karena dalam agama kami pun (KRISTEN) tidak ada diajarkan sesuatu hal mengenai melukai, membunuh bahkan menyinggung hati orang lain. Saat Tuhan Yesus berjalan dengan murid2nya orang orang berbondong2 menjumpai Yesus. dan Yesus hanya berkata “Ikutlah dengankuh”. tidak pernah ada unsur pemaksaan dalam agama mana pun. jika anda islam lakukan aturan agama baik anda kareena pasti diagama anda tidak diperbolehkan saling membunuh. kami Kristen juga tidak pernah diajari hal-hal seperi itu.
    SALAM PLURALISME. GOD BLESS INDONESIA .

  88. YANNES
    August 26, 2012 at 9:13 am

    Biar lah end of the word yang menentukan nantinya.
    hargai pluralisme majukan Indonesia

  89. marqo
    August 27, 2012 at 6:49 am

    ini tragedi priok yang pas soeharto sama AMIR BIKI BUKAN ?

  90. marqo
    August 27, 2012 at 6:53 am

    amir biki nya itu kemana sbner nya ?
    di tahan lalu di bunuh apa mati sndri ?

    • Doni
      August 28, 2012 at 4:57 pm

      AssWbr,
      dgn khidmat beriring rasa haru & pnuh hormat. Demi mengurangi “Su’uzon tingkat tinggi”, sblm’y sy mohon maaf sbesar2’y jk sy lancang apalagi mragukan fakta2 narasumber yg sbtas postingan ini. Sbnr’y ikhwal pristiwa/aib ini masih tnda tnya bin simpang siur kbnaran’y. Apa pasal? Dikarenakan ada’y fakta2 yg mencengangkan & skenario busuk rezim;

      1. Rezim ORBA yg brkuasa serba otoriter,sentralistik ala militer

      2. Sumber media online,TV,Cetak yg swaktu2 brada dibawah ancaman pembreidelan media oleh rezim otoriter yg brkuasa

      3. Membungkam para saksi kunci yg msh hidup pd wktu itu

      sbnr’y ini adlh proyek trslubung para ‘PAMA & PAMEN’ yg akn direkomendasikan utk promosi mnjdi ‘PATI’ dgn memanfaatkan unsur para intelkam yg di komando lalu BKO’kan ke dlm Dam,Rem,Dim hngga Ramil

      utk referensi/rujukan lbh lnjut, biar lbh segar, blh kita flashback kmbali ke prtengahan season of’82. Pd saat itu, Grup 4/Den81Sat-Gultor Kopassus, brhasil menancapkan ke’eksistensian’y diblantika “Ghost Ops Clandestine Army” sbg slh1 pasukan tr’elite rank.3 dunia stlh ‘SAS’ (UK) & ‘MOSSAD’ (Israel) versi ‘DoD’.
      Ajudan paman sy tewas trtembak pd saat hari nahas itu tiba. Ingat, (Alm) Pak Jend Besar. TNI (Purn) H.M. Soeharto. Er.Eyd, (Alm) Jend. TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, (Alm) Jend. TNI (Purn) L.B. Moerdani, Letjen. TNI (Purn) Sintong Pandjaitan, Jend. TNI (Purn) H. Wiranto & Letjen. TNI (Purn) Prabowo Soebijakto Hadjodiningrat cs mustahil bermain sndirian. Krna 2 nama trakhir bnyk dsbt kalangan sbg korban moralism politik yg konon berbau unsur rivalitas dualisme korps instansi yg tjuan’y adlh mndeskreditasikan kpercayaan pnguasa atas kemampuan menggulung propaganda yg dilimpahkan kpd oknum2 yg brwenang & scra kbtulan pula ke2 korps instansi ini prnh/sdg dijabat mreka ber2 antara lain adlh;

      1. KostrAD

      2. Kopassus

      sy mohon agar postingan & komentar ini tdk mnjadi alat provokasi & brkembang dimedia2 manapun, shngga mnjadi “prtikaian massa nasional antar SARA”, pikirkan lg & prtimbangkan masak2 sblm ‘berkomentar ria…!!!’ Krna sy disini sdg tdk brada dipihak manapun, sy brbicara dlm keadaan normal,waras,sadar & netral bin beriman, tak perlu saling tnjuk oknum agama trtentu. Biarpun agama keyakinan kita dihina, asalkan pd dasar’y agama kita bnr, lbh baik iman kita yg berbuat & bicara dgn lantang, “Istiqlal…!!!”
      Wassalam.

  91. Ihtiromi
    August 29, 2012 at 7:28 am

    Udahlah.. Yg pnting sholat fardhu brjama’ah..
    Ambil yg baik &tinggalkan yg buruk..
    Insya allah slamat dunia akhirat..!

    • August 29, 2012 at 9:08 am

      itu g cukup mas kalo buat selamt akhirat. :)

      • Doni
        September 10, 2012 at 3:44 pm

        Jd apa lg yg bnr2 tepat, saudara2 ku yg muslimin/mah?

  92. September 13, 2012 at 7:38 am

    Semua agama mengajarkan kebaikan, namun kebenaran akan agama yang dianutnya kembali kepada keyakinan masing-masing individu. Contoh: semua merk mobil mengklaim mobil produknya paling baik. Tapi yg menilai adalah masyarakat/konsumen/umat manusia, mana yang dia yakini paing baik dan paling benar paling bagus, itu ada di tangan masing-masing individu.

  93. angel
    November 14, 2012 at 11:58 am

    ini artikel yang bagus.. sebagai umat Kristen, jelas saya tidak setuju dengan kelakuan ABRI yang seperti itu -__-. tapi perlu diingat, bahwa tidak semua orang yang beragama kristen/protestan berkelakuan seperti itu. Buat yang bikin artikelnya, makasih ya :) ini sangat membantu tugas saya

  94. November 21, 2012 at 12:29 pm

    dasar lo satrio budak dan sekaligus kaki busuknya amerika yang suka mengolok olok orang islam , asal lo tau ya orang islam di palestina di bunuh tanpa belas kasihan sma orang yahudi yang di latar belakangi oleh bangsa barat(kristen) yang mencoba memecah mecah umat muslim di dunia,salah satunya afganistan, suriah, irak, yaman, libya ,dan palestina ……pikir-pikir logika ok..jngan asal ngomong ceplas ceplos

  95. December 6, 2012 at 8:29 am

    wowwo ….

  96. December 6, 2012 at 9:10 am

    hemmm bingung ..

  97. December 6, 2012 at 9:29 am

    amazing ,,, i like it…

  98. What u like?
    January 1, 2013 at 7:45 am

    …..pokonya…semua trgedi itu menyebalkan…..

    dan kumohon…..jangan hina ISLAM ataupun INDONESIA………
    kedua nama ini sama2 ada di kehidupan kita…..

  99. HAMBA
    January 22, 2013 at 11:26 am

    PRIUK AQ BERDUKA……SEMOGA ALLAH MENERIMAMU DI SURGA……LB MURDANI….SEMOGA BALASAN UNTUK ANDA DI SEGERAKAN TAK PERLU DAKWAH UNTUK KAFIR….KARNA MEREKA JGA PUNYA OTAK…..SEMOGA OTAKNYA BISA D PAKE JDI BISA MEMBEDAKAN MANA YANG BENAR DAN YANG SALAH…SEBELUM AJAL MENJEMPUTNYA….

  100. Michael
    February 1, 2013 at 3:16 am

    kakak smua.. pertikaian kasus ini adalah pertikaian antar suku, bukan karena agama.
    kalau memang manusia, sebaiknya saling menyayangi manusianya, bukan karena agamanya, sukunya atau rasnya. seperti anak kecil yang bergaul tanpa memandang suku/bangsa/agama dan ras, sebaiknya kita tetap seperti itu.

  101. Hamba Allah
    February 22, 2013 at 3:26 am

    Tulisan bagus, tapi sayang bagian pembakaran pembunuhan satu keluarga cina waktu massa berjalan ke polresnya kok gak ditulis ya?

  102. April 22, 2013 at 1:33 pm

    semoga para syuhada yang mati sahid tenang di sisi allah swt,wahai kafir salibis pembantai kaum muslimin,wahai pembunuh umat islam di mana pun anda,tobat pun tidak akan di terima oleh allah,kalian akan jadi bahan bakar api neraka,NERAKA JAHANAM adalah tempat kembali kalian wahai tentara kafir salibis

  103. April 23, 2013 at 2:52 pm

    kita semua barsaudara,.,.,.,bro

  104. April 26, 2013 at 6:42 pm

    mestinya yang dihukum berat oknum babinsa yang ngotorin dan menghina musholla assaadah karena menjadi pemicu dan asal muassal masalah, militer dan polisi juga saat itu bisanya cuma arogansi dan unjuk kekuatan doang, dikemanain otak para perwira dan komandannya buat penyelesaian masalah secara proporsional dan berkeadilan. yang ada malah menambah masalah pelanggaran HAM berat, peristiwa bersejarah ini perlu menjadi pelajaran bagi perwira dan komandan polisi dan militer bagaimana seharusnya menghadapi para demonstran secara tepat.

  105. whisnu
    April 30, 2013 at 9:36 pm

    Orang indonesia gampang bgt di provokasi.
    Urusan agama itu masing2,kita itu negara hukum boss.
    Di dunia ini cma ada 2 jenis sifat yaitu orng baik sama orng jahat.
    Gak ada agama yg ngajarin brutal
    Jngn gampang di provokasi masalah agama lah.
    Klo kita melecehkan agama lain,itu sama aja merendahkan agama sendiri.

  106. Awie Prasna
    May 2, 2013 at 5:54 am

    Tidak usah saling tuduh dan saling caci, lebih baik kita kembali pada diri masing-masing untuk intropeksi diri….tidak akan terjadi suatu akibat jika tidak ada sebab dan itu sangat mustahil…
    Mohon semua kembali pada porsinya masing-masing
    Yang menjadi ustadz, jangan memperkeruh suasana dengan segala macam komentar yang memprovokasi, namun luruskanlah umat agar tidak sesat dan tidak melanggar baik hukum agama ataupun hukum negara
    Yang Pendeta, arahkan umatnya juga sedemkian
    Begitu pula dengan pemuka-pemuka agama yang lain, yang jelas tugas dan tanggung jawab para ulama baik ustadz sampai kiai, dan pemuka agama2 lain yang ada di Indonesia adalah untuk menghantarkan umatnya masing-masing menuju kehidupan yang damai dan selaras, dan bukan untuk saling menghujat, maka jika ada yang saling menghujat berarti ia tidak pantas di sebut sebagai pemuka agama melainkan sebagai provokator
    Ingat !!!!! ” Demi Masa”…di dalam kitab mulai dari Taurat, zabur, inzil….sampai kepad Al-Qur’an, tidak satupun yang mengajarkan perpecahan dan saling bunuh, melainkan untuk mengajarkan manusia hidup saling berdampingan, saling menghargai dan saling menghormati……….

  107. cor soe
    May 7, 2013 at 5:33 am

    antum pada ngemeng apa….mending jaman harto,daripada susilo..mental krupuk,tempe,letoy,impoten…
    dah pada nyici cawet tuhan ente belum,para umatnya…cukur tu bewok!!kontol e,pake helem pa masih KULUPAN…
    KRISTEN JAGO NYEPONG,KONTOL TUHAN..

    • Vin
      May 28, 2013 at 8:53 am

      Komentar lu kok goblok banget ya?
      Berpendidikan dikit dong

  108. kaffa
    May 29, 2013 at 1:38 am

    Istighfar….belajar dien dengan benar baru semua akan paham apa maksud semua ini, saling mencela bukan solusi

  109. jako
    August 18, 2013 at 6:18 pm

    Kang ally sudahlah mereka ga bakal ngerti tentang dien islam yg sebenarnya, boro2 orang di luar islam, orang islam sendiri juga kebanyakan ga ngerti, karna sekarang islamnya hanya islam turunan nenek moyangnya masing2 yg d kerjakan, bukan islam yg d bawa oleh nabi muhammad SAW.. Yg sesuai dengan al-Quran dan sunnah..
    Semoga kita tetap istiqomah membawa dan menegakan dien islam secara kaffah..آمِيّن.. آمِيّنْ… آمِّينَ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

  110. simongga
    September 15, 2013 at 12:16 pm

    ehh bangsat loe semua klu comment tuh yang benar emang elu dah bener apa belum anjink……………….yang comment bawa bawa agama

  111. September 17, 2013 at 2:23 pm

    wesss, wesss, jangan debat yang tidak ada ujung – ujungnya.
    – teguh kepada kepercayaan masing – masing.
    – biarlah Allah sendiri yang menunjukkan kebenaran yang sesungguhnya, dan jangan saling bermusuhan dan menjelek – jelekkan kepercayaan orang lain karena itu tidak ada gunanya, hanya merugikan diri sendiri, dan justru hal tersebutlah yang sangat di benci oleh Allah.
    – justru Allah mencintai umatnya yang saling menghargai orang lain dan mempunyai sikap toleransi, meski kepada seseorang yang berbeda kepercayaan dengan kita.

  112. siti jenar
    October 1, 2013 at 4:17 am

    jangankan orang” diluar islam kita” sesama muslim aja dicap gak bener sama ” mereka” ( jenggot naga celana cingkrang ),jangan mudah terprovokasi dengan isu agama/sara,NKRI tetap bersatu….

  113. =BETALIU=
    October 7, 2013 at 1:56 pm

    Hukum menindas yg salah. Krn brbuat salah, wajar di tembak MATI!

  114. Njoto
    October 18, 2013 at 7:07 am

    Ciye, kaum militer sama kaum agamis musuhan…
    Dulu kompak bener bantai simpatisan PKI di Indonesia…
    Selalu ada kepentingan sih, susah kalo mau maju bareng…

  115. October 29, 2013 at 3:30 pm

    Sungguh tragis dn memilukan,ini salah satu hari becana yg menimpa ummat islam indonesia,dan inilah resikonya bagi ummat islam bila memilih pemimpin yg zholim yg slalu mengikuti khendak kafir2 zionis dan barat,trlebih lebih lgi panglima nya orng kristiani,habislah ummat islam dimusnahkan..lantas kmanakah tentara2 islam yg lain,apa saudara2 kita itu hnya dibiarkan bgitu sja diinjak2,dimaki2,lantas dibunuh dgn sadisnya..?bukalh hati nurani,apakah anda ini smua manusia,apakah anda ini orng yg mngaku islam..?dimana hati nurani kalian,dimana keislaman kalian..?kita titiskan airmata ini demi menjungjung tinggi agama alloh,para ulama kt sanggup berjuang dgn darah dan air mata bahkan jiwa skalipun demi tegaknya islam agama nabi kita muhammad dinusantara trcinta ini,sungguh biadab..andai aq sdh ada jaman itu,tdak akan prnah aq biarkan saudara q seakidah dihina,dimaki2 aplgi dibunuh dgn sadisnya,aq pastikan aq tdak akan tinggal diam meski apapun dn brarapun nilai yg hrus q bayar menebusnya..aq bukanlah orng yg sholeh,tpi klau sdh mnyangkut agamaku dihina,dimaki dn dilecehkan..apapun resikonya akan aq prtaruhkan demi agama alloh ini..saatnya akan tiba pembalasan yg lebih mnyakitkan wahai orang2 laknatulloh..tunggu lah saatnya nanti sy atau siapapun yg akan membuka tabir ini kembali..krna sejarah blum berakhir..trimakasih..munthe

    • siti jenar
      November 1, 2013 at 8:01 am

      kena juga sama provokasinya si ally “wahabi”

      • November 2, 2013 at 3:09 am

        Ane bukan wahabi!

        Perlu di ingat…stigma wahabi yang selalu disematkan kepada orang2 Islam yang berjihad itu hanya alasan sebagian umat Islam lain yang membenci Jihad.

        Siapa saja yang menghalalkan apa yang diharamkan oleh Alloh SWT maka dia kafir. Kaidah ini yang ditolak oleh mereka yang membenci Jihad dan Syariat Islam. Bagaimana mungkin seseorang/kelompok/negara yang menghalalkan apa yang diharamkan oleh Alloh itu disebut beriman, padhal dia telah membangkang.

        Dan lagi tuduhan2 seperti yang tuduhkan Siti Jenar kepada saya itu tidak berdasar, hanya asal ngomong aja tanpa bukti dan dalil yang syar’i

  116. siti jenar
    January 7, 2014 at 9:51 am

    fretttt….jihad di otak ente yang ada hanya ferang ferang dan ferang……….

  117. PEACE
    February 11, 2014 at 2:45 pm

    MERINDUKAN BUMI YG INDAH DAN DAMAI , SEPERTI MASA AWAL DI CIPTAKAN, ANDAI BISA MULAI DARI NOL LAGI

  118. muhammad
    April 13, 2014 at 6:02 pm

    internet buatan yahudi, kalau ente masih pake internet berarti ente bela yahudi tong!

  119. Bil
    April 21, 2014 at 3:36 pm

    Memang BETUL ADANYA kasus tanjung priok tersebut.banyak saksinya kok.lalu siap dalang dari semua itu.???
    Yg jelas bukan dalang asep sunandar sunarya(almarhum)

  120. Keadilan Demokrasi
    May 7, 2014 at 8:51 am

    setelah saya baca kasus ini , dan baca semua balasan bung Ally M I Faridz .. ada unsur SARA dan dendam yang kesumet mungkin ..Baca baik-baik pak Ally komentar saya ini . Anda seorang muslim yang berpegang teguh oleh kitab anda yaitu AL-QURAN . Dmn Hal-hal yang mengenai kepercayaan/agama tidak bisa ditindak oleh manusia itu sendiri , sebab setiap AGAMA memiliki TUHANnya . Apa mungkin anda mengaku beragama , tetapi dilain pihak anda ingin secara tidak langsung menDzolimi orang yang tidak mengerti unsur dan penyebab apapun mengenai permasalahan yang pernah ada ?? Manusia dilahirkan di bumi tidak langsung mengerti apa itu DOSA , dan manusia dilahirkan tidak langsung mengerti apa itu AGAMA/kepercayaan . Saya yakin anda ini adalah orang yang berpendidikan dan mengerti hal itu . anda juga membenci DEMOKRASI yang sedang berjalan di INDONESIA .. tetapi dilain pihak anda perlu akan itu . sebab tidak mungkin anda menghilangkan DEMOKRASI tetapi anda sudah bersuara memecah seperti ini . ingat pak Ally klo mungkin anda berbicara seperti ini di jaman ORBA yg konon tidak ada DEMOKRASI di masyarakat .. Anda akan di Cari dan mungkin anda sudah di BUI , jadi lah pribadi yang santun , kebencian yang berlebihan(kafirun/djailiah) dan hilangkan penyakit munafik yang ada di diri Pak Ally .. terima kasih , wassalam .

  121. TAUBATAN NASUHA
    May 9, 2014 at 3:33 am

    TUHAN MAHA ADIL, SEKECIL APAPUN PERBUATAN MANUSIA PASTI AKAN ADA BALASANNYA INGAT BERAPA LAMA SIH MANUSIA HIDUP DI DUNIA INI DENGAN SEGALA PERNAK PERNIKNYA YG NOTA BENE HANYA DICIPTAKAN TUHAN UNTUK MENGUJI MANUSIA MENUJU KEHIDUPAN YANG HAKIKI DAN KEKAL YAITU AKHIRAT MAKA JANGAN TERTIPU OLEH SYAITAN KARENA MUSUH SEBENARNYA ADALAH SYAITAN DAN SYAITAN ITU AKAN MEMPERDAYA MANUSIA DENGAN SEGALA TIPU DAYA APAPUN SAMPAI DILUAR BATAS AKAL DAN FIKIRAN MANUSIA UNTUK MNJERUMUSKAN MANUSIA KE NERAKA DAN MENJADI PENGIKUTNYA KECUALI MANUSIA YANG BENAR-BENAR BERIMAN….JADI INGATLAH ..JANGAN KORBANKAN KEHIDUPAN AKHERAT YANG KEKAL ABADI DENGAN KEHIDUPAN DUNIA .YANG SANGAT FANA DAN SUATAU SAAT AKAN HANCUR………………..BISMILLAH TAWAQALTU ALALLAH LAILLAHAILLA ANTA INNI KUNTUM MINNA DZALIMIN. SEMOGA……….. AMIIIN..

  122. hanz
    May 20, 2014 at 4:37 am

    kalau ini negara islam kemana muhamet kalian waktu islam dibantai di poso,,ambon,,,tanjung priuk???????

  123. June 1, 2014 at 10:33 am

    Lho katanya mau berjihad membela agama Allah?? Ditembaki tentara jangan mewek mewek teriak HAM dong!! Udah bagus juga tuh tentara bantu teman teman seukwuah kalian ke sorga dapetin 72 bidadari perawan berdada montok.

  124. joko
    June 13, 2014 at 11:35 pm

    astagfurulahaladzim, ampunilah dosa kami ya allah, semoga engkau membuka hati mereka yang masih berburuk sangka dan tertutup hatinya, amin ya allah ya rabbal alamin…

  125. ibsani santoza
    August 23, 2014 at 3:00 pm

    mengapa usaha amir biki untuk memintak keadilan sia-sia?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,733 other followers